Hutan Kota Tuban Juga Berfungsi Sebagai Tempat Rekreasi

Senin, 21 November 20112comments


Meski penilaian adipura tahap pertama (P1) telah dilaksanakan di Kota Tuban, Hutan Kota Tuban masih terus terlihat asri, hal ini tidak lepas dari ketelatenan mereka yang ditugaskan untuk tetap menjaga kebersihan dan keindahan Hutan Kota Tuban selama ini.

Selain banyak tanaman yang diharapkan berfungsi sebagai tanaman penyerap karbon, Hutan Kota Tuban selama juga berfungsi untuk tempat rekresi, utamanya anak-anak yang bermain mobil-mobilan, sayang ketika berkunjung ke Hutan Kota tidak pada saat aktifitas bermain anak-anak sedang berlangsung, yah.... biasanya sore hingga malam hari, saat saya berkunjung ke sana yang terlihat teman-teman yang sedang merawat bibit, "untuk menyulami tanaman yang mati (di taman-taman kota_penulis)" demikian kata Pri panggilan akrap pak SUPRIYONO, SH. (tampil di gambar) demikian saya biasa memanggil salah satu dari sekian banyak petugas yang diberi tanggung jawab untuk "menjaga" Hutan Kota Tuban.
Sempat sambil bergurau teman satu ini, berseloroh "wong mbuk gambar ae gung" :) saat saya minta untuk action di depan kamera "santai ae biar alami" :) jawab saya menggoda dia.

Banyak terlihat pohon tanjung di pinggir jalan depan Hutan Kota Tuban, yang konon katanya penanamannya sudah sekitar hampir 20 tahun yang lalu saat pak Ir. KASBANDI senior di Kantor Badan Lingkungan Hidup Tuban saat itu masih bertugas di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (kelembagaan yang ada saat itu), kadang beliau digoda temen-temannya "tangane pak KASBANDI adem" :) , tanaman yang saat ini berfungsi sebagai tanaman penghijauan pinggir jalan disamping sebagai penyerap karbon juga tampak memperindah jalan di sebelah utara Hutan Kota Tuban, jika ini saya tulis saya ingin mengenang apa yang beliau lakukan, dan lebih dari pada itu juga mengingatkan pada diri sendiri bahwa apa yang kita tanam sekarang hasilnya mungkin baru bisa kita lihat 20 tahun ke depan :), dan mungkin jika Pak Pri membaca tulisan ini juga dapat terinspirasi :)

Jika kita masuk ke dalam Hutan Kota Tuban juga terlihat kolam yang tertata denga baik, meski sayang pada saat saya berkunjung tidak dapat mengambil gambar air mengalir di kolam buatan yang mengalir dari monumen adipura di sebelah timur ke kolam dimana Pak Pri berdiri.....

Masih ada gambar lain yang sayang jika tidak ditampilkan di pada tulisan ini, karena saya sendiri senang melihat hasil jepretan saya saat kunjungan sampai pada lokasi di bawah monumen adipura, terlihat tanaman pinggir jalan terlihat rapi jika diambil gambarnya dari bawah monumen adipura untuk itu meski sudah banyak gambar yang saya unggah, rasanya belum lengkap jika gambar di sebelah kiri ini belum muncul :)

Akhirnya kunjungan saya berakhir di taman sebelah timur Hutan Kota Tuban dimana terlihat teman-teman yang sedang bekerja merapikan tanaman, "senyum pak" :) , sayang senyum mereka tidak lama karena memang hari sudah siang dan terik panas menyengat sementara pekerjaan belum selesai atau jangan-jangan karena tanggal sudah diatas tanggal 20 :) , dan "jepret", gambar yang bagus saya dapat, meski tanpa dihiasi senyum teman-teman.... selamat bertugas pak!,.

Semoga tulisan ini dapat menjadi inspirasi temen-teman yang lagi cari referensi untuk membangun Hutan Kota dimana temen-teman tinggal dan saat ini sedang ditugaskan untuk menata hutan kota :)

Tuban, Nopember 2011


Tulisan Terkait :
Share this article :

+ comments + 2 comments

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Prolingkungan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger