Aliansi Independen Peduli Pantura (ALIPP) akan lahir di Mangrove Center Tuban

Rabu, 09 November 20111komentar

"Lha iki opo sing ngowo mrene" (lha ini apa yang membawa ke sini) sapaan hangat pak Ali Mansur saat saya muncul di depan guest house yang baru saja selesai dibangun di kawasan di Mangrove Center Tuban dimana beliau sebagai pelopornya.

Maklum rekan wartawan dari lensaindonesia.com ini memang sudah beliau kenal lama, namun sudah beberapa saat tidak ketemu. Mas Wid demikian sapaan akrap Bambang Widjanarko datang bersama saya saat berkunjung ke Mangrove Center, memang sempat saya kabari "mas ada berita scope nasional, kok gak diliput?" saat saya telepon Mas Wid tadi siang, apa jawab Mas Wid "yang di mangrove itu thoh mas". Ternyata Dia sudah tahu dan memang ada rencana kesana.... yah akhirnya datang bersamaan, meskipun berangkatnya tidak sama sama. Sempat ngobrol sebentar sambil minum kopi di warung sebelah pintu masuk Mangrove Center.

Setelah selesai kangen kangenan sebentar dengan Pak Sur sapaan akrap pak Ali Mansur salah satu aktivis lingkungan di Kabupaten Tuban yang juga seorang guru madrasah ini, Mas Wid segera melaksanakan tugas jurnalistiknya.... beberapa saat kemudian dia telah duduk bersama dengan pak Totok salah satu penggagas acara "Deklarasi Aliansi Independen Peduli Pantura (ALIPP)" yang rencananya dilaksanakan besok pagi (10 Nopember 2011), bertepatan dengan hari pahlawan.

Dengan melaksanakan deklarasi bertepatan dengan hari pahlawan para penggagas ALIPP ingin memberikan semangat kepada peserta deklarasi untuk memiliki semangat kepahlawan, pahlawan lingkungan begitulah kira kira....

Setidaknya ada 4 (empat) issue yang ingin diangkat oleh LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) baru ini :
  • Kerusakan Pantai
  • Konservasi Pantai
  • Peningkatan Kapasitas Masyarakat Pesisir, dan
  • Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir
Setidaknya empat issue inilah yang lamat lamat saya dengar saat memotret Mas Wid (kiri) dan Pak Totok (kanan), setelah itu Mas Wid banyak mendapatkan informasi seputar kegiatan Deklarasi ALIPP dari pak Totok, apa saja beritanya.....hingga tulisan ini dibuat belum muncul berita di lensaindonesia.com, mungkin sekalian besok beritanya biar jelas informasi yang disampaikan, terkait dengan deklarasi itu sendiri, kepengurusan (kabarnya mirip mirip dengan KNPI yang merupakan wadah dari beberapa Organisasi Pemuda), ALIPP dibentuk oleh para aktivis lingkungan peduli pantura yang masing masing telah memiliki wadah LSM sendiri.

Dengan bersatunya beberapa LSM lingkungan tentu akan saling memberikan semangat mengingat visi dan misi yang sama, dan banyak lagi yang dapat diperbuat terkait dengan perbaikan mutu lingkungan hidup disekitar pantai maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar pantai.... khususnya pantai utara jawa.

Saya tinggalkan Mas Wid yang sedang melaksanakan tugas jurnalistiknya, waktu yang ada saya pergunakan untuk mengamati beberapa lokasi pembibitan Mangrove Center Tuban.

Ada beberapa petak hamparan bibit yang saat ini sedang ditanam termasuk Cemara Laut (Casuarina equisetifolia) yang saat ini dapat dilihat dengan jelas banyak ditanam Pak Sur bersama dengan mitra kerjanya di sepanjang pantai Tuban.

Selain tempat pembibitan, Mangrove Center Tuban juga sering dipergunakan untuk kegiatan perkemahan, dan untuk itu Pak Sur , tidak mengenakan biaya, hanya untuk mengganti biaya air...maklum jika melakukan kemah di Mangrove Center Tuban mandi disediakan, "hanya biaya pengganti listrik untuk pengadaan air, Rp. 100.000 per rombongan" demikian sempat disampaikan pak Sur beberapa saat yang lalu saat saya berkunjung ke Mangrove Center Tuban.

Pada saat saya selesai mengitari lokasi, dan kembali ke tempat dimana Mas Wid dan Pak Totok asyik bercengkrama, saat itu hari sudah mulai sore.....disebelah barat guest house terlihat kerumunan burung sedang terbang diatas lokasi Mangrove Center, "itu lho pak banyak burung diatas" demikian pak Sur berkomentar sambil menunjuk ke atas.

Mengingat lokasi yang ada tidak memungkinkan untuk mengambil gambar dengan hasil yang baik, kontan kami berjalan ke arah barat untuk mendapatkan sudut pengambilan gambar yang bagus, dan hasilnya dapat dilihat disebelah kiri.

Pada saat mengambil gambar burung, terlihat peserta mulai banyak berkumpul diaula yang ada di Mangrove Center Tuban. Ternyata sedang berkumpul untuk melaksanakan salah satu kegiatan yang diagendakan dalam deklarasi ini, lihat gambar sebelah kanan.

Hari semakin sore, kamipun pamitan kepada Pak Sur.....akhirnya "Selamat dan Sukses Deklarasi Aliansi Independen Peduli Pantura (ALIPP)"



Tulisan Lainnya :
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

28 November 2016 18.54

KISAH SUKSES
Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Prolingkungan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger