Gempa Jepang Seribu Kali Lebih Dasyat dari Selandia Baru

Jumat, 11 Maret 20111komentar

Mobil dan puing-puing hanyut akibat gelombang pasang tsunami di Kesennuma, Prefektur Miyagi, Jepang utara, setelah gempa bumi kuat menghantam wilayah tersebut, Jumat (11/3). AP/ Nakane Keichi, The Yomiuri Shimbun


Sabtu, 12 Maret 2011 | 09:27 WIB

Seorang peneliti mengamukakan efek gempa bumi yang menghantam Jepang seperti menjatuhkan batu sebesar Isle of Wight, pulau terbesar di Inggris, ke dalam laut.

Gempa yang menghantam Jepang kemarin, seperti dilansir The Telegraph Jumat (11/3), itu berkekuatan 1.000 kali lebih dasyat dari gempa yang melanda Selandia Baru bulan lalu.

Kekuatan gempa itu hampir setengah kekuatan gempa yang melanda Sumatera, pada 2004 yang menimbulkan tsunami hingga menghancurkan Asia Tenggara.

Kerusakan yang melanda Jepang bisa diminimalkan karena negara itu telah terbiasa dengan gempa dan telah membangun infrastruktur dan sistem peringatan.

Jepang mengalami ratusan kali gempa dalam setahun. Itu lantaran Jepang berada di lokasi salah satu titik seismik yang paling aktif di dunia, yaitu “cincin api” Samudra Pasifik.

Jepang rentan gempa karena posisinya berada di atas tiga pergeseran lempeng yang menutupi bumi. Lempengan bergeser menabrak satu sama lain hingga menekan ke atas melepaskan banyak energi terpendam, yang dalam kasus ini setara dengan ledakan dari 1,5 miliar ton bahan peledak.

Pergerakan dibawah air menyebabkan efek ombak yang terpancar keluar ke segala arah.

Dr Simon Boxall dari departemen Oseanografi Universitas Southampton, Inggris, mengatakan, “Itu seperti menjatuhkan batu besar ke dalam laut, batu berukuran Isle of Wight. Percikannya besar dan menimbulkan gulungan ombak sepanjang 200 mil yang riaknya keluar ke segala arah”.

The Telegraph| Lis Y


Sumber : TEMPO Interaktif


Share this article :

+ komentar + 1 komentar

28 November 2016 19.31

KISAH SUKSES
Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Prolingkungan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger