Menteri LH Sambut Positif Peringatan Walhi

Jumat, 14 Januari 20111komentar


JAKARTA--MICOM: Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta menyambut positif peringatan yang diberikan oleh Wahana Lingkungan Hidup Indonesia dalam Enviromental Outlook 2011.

"Bagus, dengan adanya peringatan itu kita (Kementerian Lingkungan Hidup) bisa mengantisipasi hal ini," tutur Gusti kepada Media Indonesia di kantor Kementerian Lingkungan Hidup, Jakarta, Kamis (13/1).

Sebelumnya, Walhi memperingatkan prediksi kerusakan lingkungan di Indonesia akan meningkat hingga 70% dibandingkan tahun lalu. Menurut Walhi, salah satu penyebabnya adalah bisnis ekologis atau bisnis di bidang pengelolaan sumber daya alam.

"Kebenaran atau tidaknya, hal tersebut harus tetap diantisipasi," ujar Gusti. Ia juga mengatakan pihaknya telah menyerahkan draft peraturan pemerintah yang mengatur mengenai izin lingkungan ke pihak Kementerian Hukum dan Keamanan untuk diverifikasi sebelum ditandatangan oleh presiden.

"Izin lingkungan ini adalah prioritas kita, karena sekarang semua izin pembangunan harus mendahulukan (memenuhi) izin lingkungan terlebih dulu," ujarnya.

Bagi Gusti, pembangunan dan kerusakan lingkungan masih berbanding lurus. "Yang kita usahakan adalah mengendalikan dampaknya seminimal mungkin."

Apalagi, lanjutnya, dengan adanya UU no 32 tahun 2009. "Beberapa pengusaha menyebut itu sebagai peraturan yang berat."

Walhi, Komnas HAM, maupun Lembaga Pengembangan Hukum Lingkungan Indonesia (LPHI/ICEL) melihat pemerintah, termasuk KLH, belum mampu memaksimalkan UU 32/2009 sebagai senjata untuk menarik penjahat lingkungan ke ranah hukum.

Menurut Direktur Eksekutif ICEL Rino Subagyo UU 32/2009 adalah hadiah dari anggota DPR yang memberi kewenangan pada KLH untuk menuntaskan kasus lingkungan dan menjaga lingkungan lestari. "Ternyata belum seutuhnya diimplementasikan oleh KLH," ujar Rino, Rabu (12/1).

"Hal tersebut pun menjadi bahan evaluasi bagi kami, dan sebagian sudah dijalankan dengan memberi sertifikasi bagi hakim-hakim di bidang lingkungan," tutur Gusti.

Gusti pun masih menyesalkan masih adanya mutasi-mutasi terhadap pegawai negeri sipil yang telah dilatih menjadi penyidik lingkungan di setiap daerah. Hal itu, menurutnya, menghambat pengawasan hukum di bidang lingkungan.(*/X-12)

13 Januari 2011
Sumber : Media Indonesia.Com



Share this article :

+ komentar + 1 komentar

28 November 2016 20.24

KISAH SUKSES
Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Prolingkungan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger