Workshop Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD)

Jumat, 01 Maret 20131komentar

Workshop Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) yang di prakarsai oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Propinsi Jawa Timur, digelar di Hotel Royal Orchids Garden Batu selama dua hari selesai dilaksanakan kemarin (1 Maret 2013).

Selain mengundang Instansi Pengelola Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten/Kota se Jawa Timur, Kegiatan ini juga dihadiri oleh para pakar penyusunan SLHD dari Kementerian Lingkungan Hidup, khususnya dari ASISTEN DEPUTI DATA dan INFORMASI LINGKUNGAN

Materi yang dibahas pada acara tersebut :
  1. Hasil Evaluasi SLHD Tahun 2011 
  2. Sosialisasi Kebijakan Penyusunan SLHD 2013 
  3. Strategi Optimalisasi Penyusunan SLHD 2013
Sebagaimana kita ketahui bersama Pemerintah dan pemerintah daerah diharapkan  mengembangkan sistem informasi lingkungan hidup untuk mendukung pelaksanaan dan pengembangan kebijakan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Sistem informasi lingkungan hidup dilakukan secara terpadu dan terkoordinasi dan wajib dipublikasikan kepada masyarakat.

Sistem informasi lingkungan hidup paling sedikit memuat informasi mengenai status lingkungan hidup (SLHD), peta rawan lingkungan hidup, dan informasi lingkungan hidup lain.

Sebagai salah satu upaya optimalisasi penyusunan SLHD adalah dengan memberikan penghargaan pada Pemerintah Propinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah menyusun SLHD dengan baik.

Untuk itu, dilakukan penilaian, dan untuk melakukan penilaian telah disusun Pedoman Penilaian Penilaian SLHD.

Untuk penilaian SLHD Tahun 2012 pada prinsipnya sama dengan penilaian SLHD Tahun 2011.
Perbedaan Penilaian SLHD 2011 dengan SLHD 2012, seperti disampaikan oleh Ibu Nuke (dari Kementerian Lingkungan Hidup), sebagai berikut :

1. Perbedaan nilai lebih dari 5 angka maka dilakukan penilaian oleh penilai III. 
  • Nilai akhir merupakan rata-rata dari dua nilai dengan perbedaan nilai terkecil.
  • Apabila setelah penilai III tidak ditemukan dua nilai dengan perbedaan selisih kurang atau sama dengan 5 angka, maka dilakukan penilaian ke IV, nilai akhir adalah rata-rata dari 2 nilai tengah. 
2. Nilai akhir yang digunakan untuk masuk dalam nominasi nasional terdiri dari 20% nilai akhir penilaian provinsi dan 80% nilai akhir penilaian KLH.

Tampaknya  pada Pedoman Penilaian Penilaian SLHD Tahun 2012 terlihat dengan jelas upaya Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk memberikan penilaian seobyektif mungkin, termasuk dengan memberi bobot penilaian pada provinsi untuk menilai SLHD yang disusun oleh Pemerintah Kabupaten/Kota.

Sementara itu untuk penilaian SLHD Provinsi, mutlak menjadi kewenangan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

27 November 2016 20.10

KISAH SUKSES
Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Prolingkungan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger